30 Peserta Taruna Melati II Dikukuhkan

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kulonprogo mengadakan Pelatihan Kader Muda Taruna Melati II di SMK Muhammadiyah 1 Wates pada 5—8 Mei 2016. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dari seluruh cabang dan ranting IPM di Kulonprogo. Kegiatan ini dibuka oleh PDM Kulonprogo, Alip Mulyono, M.S.I.. Alip mengatakan, pelatihan kader di IPM merupakan pelatihan kader paling dasar di Muhammadiyah sehingga kemajuan Muhammadiyah di waktu yang akan datang bergantung pada kesuksesan pelatihan ini. “IPM Kulonprogo merupakan IPM yang memiliki pergerakan progresif sehingga saya yakin, dari Kulonprogo akan lahir kader-kader IPM yang siap memajukan IPM, Muhammadiyah, dan bangsa”, ujar Ketua Umum PW IPM DIY, Azhar Nasih Ulwan dalam sambutannya.

“Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dan peserta diwajibkan mengikuti delapan materi yang telah disiapkan oleh panitia”, ujar Nurcahyo Yudi Hermawan, Ketua PD IPM Kulonprogo. “Pelatihan ini merupakan pelatihan wajib dan formal di IPM sehingga kader-kader IPM dalam pelatihan ini akan diberikan materi-materi yang dapat membawa kemajuan bagi pelajar, Muhammadiyah, dan bangsa”, imbuhnya. Tito Restu Tantowi, Master of Training pelatihan ini mengungkapkan, tema pelatihan kali ini adalah “Perwujudan Kader Ideologis untuk Kemandirian Pelajar Kulonprogo”. “Tema ini diambil untuk mempersiapkan kader-kader IPM agar tidak kaget dengan pembangunan besar-besaran di Kulonprogo sehingga perlu dibekali ideologi Muhammadiyah yang kuat dan diberikan motivasi untuk berwirausaha”, imbuhnya.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah Keislaman, Kemuhammadiyahan, Ke-IPM-an, Manajemen Organisasi, Psikologi Remaja, Kewirausahaan, Moral Pelajar, dan Analisis Sosial. Selain itu, peserta pelatihan diharuskan menampilkan role play atau pementasan yang menggambarkan  kondisi pelajar di Kulonprogo dan persiapannya menghadapi pembangunan di Kulonprogo. Kegiatan ini diakhiri dengan pengukuhan 35 kader muda IPM yang siap meneruskan estafet kepemimpinan di IPM dan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: