Bagaimana Waktumu Kau Gunakan?

“Jika datang waktu pagi, jangan menunggu waktu sore, dan jika datang waktu sore, jangan menunggu waktu pagi. Isilah hidup ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan berguna, yang memberikan manfaat bagimu. Adalah baik jika waktumu terisikan oleh kegitan.” (H.R. Bukhari)

Kita dapat banyak mengambil pelajaran dari kehidupan di sekeliling kita yaitu tentang waktu. Waktu terus berjalan, berjalan dengan amat cepat. Dari detik menjadi menit, dari menit menjadi jam hingga semua itu berlalu menjadi hari, bulan, bahkan menjadi tahun.

Seiring berjalannya waktu yang sangat cepat itu usia kita juga bertambah. Karena usia kita bertambah berarti jatah hidup kita di dunia pun menjadi berkurang. Dan bila sudah saatnya pun malaikat maut akan datang menjemput kita.

Setelah manusia mati, manusia akan dikubur. Pada saat itu malaikat akan datang menanyakan beberapa hal. “Apa yang engkau kerjakan di dunia?”. “Kau gunakan untuk apa waktu yang diberikan oleh Allah kepadamu?”. Engkau sudah tidak dapat berbohong karena semua bagian tubuhmu yang akan berbicara dan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu.

Semasa hidup sangat penting bagi kita untuk mengisi waktu kita dengan kegiatan yang berguna. Di antaranya yaitu dengan meningkatkan keimanan kita kepada Allah dengan beramal salih. Jangan biarkan semuanya berlalu dengan sia-sia, karena semua itu akan merugikan kita.

“Demi waktu, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan menetapi kesabaran.” (Q.S. Al-‘Ashr ayat 1–3)

Maka dari itu dibulan yang penuh berkah ini marilah kita berlomba-lomba meningkatkan keimanan kita, yaitu dengan memanfaatkan waktu yang ada dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti halnya membaca Al-Qur’an dan memperbanyak dzikir.

Fastabiqul khairat kawan!

(regitadani)
Bidang Kajian Dakwah Islam PD IPM Kulonprogo

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: