Dai Pelajar sebagai Tim Sukses “Ceramah Hijau”

Seringkali kita jumpai ceramah atau khutbah dakwah yang disampaikan oleh seorang ustaz atau dai atau bahkan kyai hanya seputar topik itu-itu saja. Topik yang hanya berputar-putar dari mulai bagaimana beribadah, membacakan intisari atau malah sekadar terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an, atau justru hanya berfokus pada seberapa besar ganjaran dari apa yang kita lakukan. Sangat jarang sekali kita dengar ustadz atau dai yang membicarakan tentang lingkungan.

Padahal, jika kita tengok ke segala arah, salah satu permasalahan terbesar kita yaitu mengenai masalah lingkungan. Masalah-masalah lingkungan seperti polusi udara, penebangan liar, atau membuang sampah sembarangan, merupakan masalah lingkungan yang sangat sering kita dengar di berita-berita. Masalah-masalah terkait lingkungan inilah yang seharusnya ikut disuarakan atau ikut disyiarkan kepada banyak orang melalui mimbar-mimbar ceramah atau khutbah.

Organisasi-organisasi pelajar dan kepemudaan seharusnya lebih menggiatkan kegiatan-kegiatan yang menyuarakan terkait pentingnya kita menjaga lingkungan. Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang merupakan salah satu organisasi pelajar di Indonesia pun juga harus lebih bergerak aktif terkait isu-isu lingkungan. Meskipun sudah memiliki lembaga dan komunitas terkait isu-isu lingkungan, sudah menjadi tugas kita sebagai pelajar untuk bergerak lebih dalam isu-isu lingkungan.

Dalam IPM sendiri terdapat Pelatihan Dai Pelajar Muhammadiyah yang memang bertujuan untuk menyiapkan dai-dai yang kompeten dari kalangan pelajar. IPM dapat memanfaatkan pelatihan dai tersebut sebagai ajang untuk menanamkan jiwa “Pelajar Hijau” atau pelajar yang ramah lingkungan serta “Ceramah Hijau” atau ceramah yang berisikan tentang ajaran-ajaran Islam mengenai menjaga dan merawat lingkungan.

IPM melalui pelatihan dai tersebut bisa dikatakan memiliki sasaran yang tepat yaitu pelajar untuk memulai “Ceramah Hijau” untuk kalangan pelajar yang sering dikatakan sebagai generasi penerus bangsa. Disamping itu, melalui “Ceramah Hijau” pula IPM bisa mempertegas salah satu tugas dari manusia yaitu sebagai kalifah di muka bumi, yang berarti bertugas menjaga dan merawat lingkungan atau bumi itu sendiri. Seperti tugas dari IPM sendiri yaitu sebagai Pelopor, Pelangsung, dan Penyempurna Amanah, maka dai pelajar juga bertugas sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna amanah dari upaya menjaga dan merawat lingkungan melalui “Ceramah Hijau”.

Sudah sepantasnya IPM melalui dai pelajarnya dapat menjadi Timses atau Tim Sukses untuk mempelopori, melangsungkan, dan menyempurnakan syiar-syiar dakwah Islam melalui “Ceramah Hijau” untuk terus ikut andil dalam menjaga dan merawat lingkungan upaya mengimplementasikan khalifah di muka bumi.

Penulis : Yusril Ahmad Alfikri (Ketua Umum PD IPM Kulon Progo 2019–2021)

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: