IPM Kulon Progo Nyalakan Semangat Pelajar Lewat Konpida 2020

KULON PROGO – Pandemi COVID-19 tidak menghalangi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kulon Progo untuk menyalakan semangat dan gerak pelajar melalui Konferensi Pimpinan daerah (Konpida) IPM Kulonprogo 2020. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu-Ahad, 8-9 Agustus 2020 melalui media daring (grup WhatsApp dan Zoom Meeting).

Mengusung tema “Light Up”, IPM Kulon Progo ingin menyalakan atau memperbesar nyala semangat pelajar Kulonprogo untuk bergerak, berkarya, dan mengembangkan potensinya, dalam rangka mewujudkan Kulonprogo berkemajuan. Konpida diikuti oleh perwakilan dari Pimpiran Ranting serta Pimpinan Cabang IPM se-Kulonprogo.

Konpida dibuka pada Sabtu (8/8) oleh Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo, Dr. H. M. Jumarin, M.Pd. Pembukaan dilanjutkan dengan Bincang Angkatan Muda Muhammadiyah bertema “Gerak Bersama Wujudkan Asa”, menghadirkan ketua umum Angkatan Muda Muhammadiyah Kulon Progo.

Pada hari kedua (9/8), dalam rangkaian penutupan Konpida diadakan diskusi ekologi, kerjasama antara Advokasi PD IPM Kulon Progo dengan Advokasi PW IPM DIY, yang diisi oleh Shafira Zulfa Ramadhani, Ketua Keliling.ina (Komunitas Peduli Lingkungan Indonesia). Mengangkat tema “Pelajar Hijau Peduli Lingkungan”, diskusi ini mengulik kekuatan pelajar sebagai pelopor dan pelangsung kebaikan lingkungan secara konsisten. Shafira Zulfa menyampaikan, sebagai pelajar dan aktivis organisasi harus peduli lingkungan, dengan cara say no to single use plastic, meminimalisir penggunaan tisu, membawa peralatan reusable, memiliki circle pertemanan yang peduli lingkungan, membuat kompos dan biopori, serta dapat meniru kebiasaan baik masyarakat desa dan orang-orang zaman dahulu.

Meskipun berada di rumah masing-masing dan hanya terhubung secara daring, pelajar Muhammadiyah Kulon Progo tetap kritis meyampaikan pendapat dan aspirasinya dalam setiap sidang di Konpida ini. Harapannya, pelajar dapat semakin aktif kontributif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. (zam/fah)

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: