Karena Setiap Perempuan itu Istimewa, PD IPM Kulonprogo Adakan Kajian Ipmawati#2

Setiap perempuan itu spesial. Allah memberlakukan hukum khusus untuk perempuan (fiqih nisa’) karena perempuan diberi tugas khusus yang tidak dibebankan kepada laki-laki. Salah satunya adalah menstruasi.

Menanggapi hal ini, PD IPM Kulonprogo menghadirkan Ketua Bidang Ipmawati PW IPM Daerah Istimewa Yogyakarta, Dina Atrasina, S. ST, dalam Kajian Ipmawati #2 yang mengambil tema Manajemen Menstruasi pada Sabtu (24/2)

Bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Wates Unit II, kajian ini diikuti oleh Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting IPM se-Kulonprogo.

Dalam kajian tersebut, dikupas secara tuntas mulai dari hakikat perempuan yang diciptakan berbeda dengan laki-laki, proses terjadinya mestruasi, serta  manajemen mestruasi dari  sudut pandang kesehatan, seperti personal hygiene maupun dari sudut pandang Islam, terkait ibadah apa saja yang harus dihindari dan dilakukan ketikabmenstruasi.

“Kalian setuju ya perempuan itu spesial. Lalu, pernah nggak cari-cari info tentang menstruasi?”
Pertanyaan pemateri memeroleh hasil yang mungkin merepresentasikan bahwa pelajar perempuan belum banyak peduli dengan hal-hal terkait dirinya sendiri.

Melalui kajian ini, kedepannya diharapkan pelajar perempuan semakin memahami tentang dirinya sendiri khusunya menstruasi dan bisa membagikan pengetahuan yang dimiliki kepada orang-orang terdekatnya.

(fah/ltf)

Tag:

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: