Keindahan Persatuan Organisasi Kepemudaan

Persatuan adalah suatu yang diidam-idamkan ketika panasnya suhu politik. Persatuan juga adalah simbol keindahan dalam berbangsa dan bernegara.  Pemuda adalah aset negara yang paling berharga karena pemuda adalah penggerak mesin kedaraan yang diberi nama Indonesia ini pada massa depan. Pemuda adalah cermin dari kehidupan dan kemajuan bangsa massa depan.

Pemuda pada zaman saat ini banyak sekali yang terjerat dengan berbagai kasus kasus kriminal bahkan bayak pemuda Indonesia yang terjerat sindikat jaringan narkoba. Pendidikan tentang perubahan sikap dan pola pikir itu bukan hanya dilakukan oleh orang tuanya namu lingkungan lah yang sangat berpengaruh dengan kehidupan para pemuda zaman sekarang.

Organisasi kepemudaan adalah salah satu solusi yang tepat guna memperbaiki kebobrokan akhlak para pemuda pada zaman dewasa ini. Organisasi kepemudaan adalah wadah yang tepat untuk meperbaiki pola pikir dan kedewasaan. Pola pikirlah yang akan mengembangkan wawasan para pemuda dengan wawasan yang luas maka bisa di pastikan kalo meraka bisa memiliki kedewasaan yang cukup untuk mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.

Akan tetapi dengan lahirnya banyak organisasi kepemudaan lainnya menimbulkan suatu masalah yang baru yaitu timbulnya perbedaan yang mengakibatkan kepada perbedaan cara pandang dan dimuali dari cara pandang yang berbeda akan menimbulkan suatu perpecahan antara satu organisasi kepemudaan dengan organisasi kepemudaan lainnya. Sudah terbukti pada dewasa ini kita banyak melihat terjadinya perpecahan antara satu organisasi kepemudaan dengan organisasi kepemudaan lainnya dan itu jelas dan nyata.

Maka dari itu butuh suatu forum perkumpulan itu mengumpulkan semua organisasi kepemudaan tersebut dan melakaukan diskusi guna mencapai kesamaan dan persatuan tujuan guna mengeratkan persaudaraan antar pemuda bisa di bayangkan bukan ? ketika seluruh pemuda yang memiliki wawasan yang luas lalu menjadi sautu forum perkumpulan dan duduk Bersama dengan visi misi yang sama maka menimbukan suatu keindahan tersendiri bukan.

Di D.I. Yogyakarta ada forum perkumpulan yang dinamakan Aliansi Pelajar Istimewa yang dimana itu menjadi forum perkumpulan yang berdiri di Kota Yogyakarta dengan semangat kesamaan pemikiran dan persatuan untuk menciptakan keindahan persatuan.

Lalu dimana letak “The Power of Collaboration” dalam keindahan persatuan. Kekuatan kebersamaan atau persatuan tercipta setelah adanya keindahan karena untuk menghasilkan ke indahan perlu kesamaan pemikiran untuk mencapai pada taraf penyamaan pikiran itu sanngat sulit karena masing masing orang memiliki pola pikir yang berbeda beda maka di situlah gunanya diskusi.

Setelah sama antar pikiran masing masing setiap orang maka akan mudah untuk melaukan suatu hal apapun itu. Bagaikan lidi ketika dia berdiri sendiri atau hanya satu batang makan akan sangatlah mudah untuk di patahkan namun ketika mereka bersama berkolaborasi mejadi sebuah sapu maka akan sulit ketika kita ingin mematahkannya. Tetapi untuk menjadi sebuah sapu kita perlu menengok sebelum menjadi sebuah sabu banyak proses yang di lakukan bahkan perlu sebuah desain keindahan dalam pembentukannya.

Aliansi Pelajar Istimewa atau yang biasa di sebut API adalah sebuah forum perkumpulan yang mana ingin melakukan pembentukan keindahanan dan kekuatan dari sebuah kolaborasi yang dilakukan seluruh organisasi pemuda yang ada dalam lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagaiamana layaknya sebuah aliansi, perkumpulan ini terbentuk dalam sebuah pusaran jiwa yang sama, sebuah pusaran semangat yang menjunjung tinggi sinergitas dan integrasi antar sesama umat manusia, terkhusus pelajar. Sejurus dengan teori organisasi pada umumnya, aliansi ini juga muncul karna adanya segelintir orang yang memilki tujuan seragam. Namun, agak sedikit beda karna perkumpulan ini lahir dari sebuah gerakan aksi massa pelajar, yaitu Aksi Peduli Moral pada 2 Februari 2018 kemarin. Lantas, jika ditanya dimana aliansi ini lahir, maka kami akan menjawab bahwa aliansi ini lahir di atas teriknya jalanan Kota  Jogja. Ya, kami lahir di jalanan. Dan aksi kami selanjutnya pun juga akan lebih banyak mengambil tempat dimana kami lahir. Perlu diketahui juga, di dalam aliansi ini terdapat berbagai sayap besar pelajar yang ada di Provinsi DIY, di antaranya ada FKPO (Forum Komunikasi Pelajar Osis), PII (Pelajar Islam Indonesia), IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), IPNU (Ikatan Pelajar Nahdhlatul Ulama), IPPNU (Ikatan Pelajar Perempuan Nahdhlatul Ulama), dan berbagai komunitas lain yang dimiliki oleh pelajar di provinsi ini, seperti halnya KOPER (Seni Budaya) dan Syahid Foundation (Sosial Masyarakat).

Aliansi ini memiliki kekhasan dengan aksi-aksinya yang momentual. Dimana aksi dari aliansi ini beberapa kali fokus pada menanggapi sebuah momentum atau isu yang menyangkut tentang pelajar atau masyarakat umum, seperti aksi Pentas Seni dalam rangka memperingati Refleksi Serangan Umum 1 Maret beberapa waktu yang lalu. Namun selain aksi momentual, aliansi ini juga memilki aksi-aksi yang bersifat continuitas, yakni Pentas Seni tiap dua bulan sekali di area Nol Kilometer Kodya Jogja, dan Aksi Pelajar Mengabdi yang juga bekerjasama dengan Syahid Foundation tiap dua bulan sekali, yang dimana Aksi Pelajar Mengabdi ini terfokus di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya aliansi ini bersama Syahid Foundation telah memilki sebuah Desa Binaan di Desa Siyono, Kecamatan Playen. Oleh karena itu, arah gerak aksi aliansi ini memilki sebuah Trilogi, yaitu Pendidikan, Sosial, dan Seni budaya.

Dari penjelasan diatas bahwa aliansi ini memiliki sebuah cita cita yang besar yang ingin di wujudkan yang menghilkan sekat sekat pembatas antara suatu organisasi pemuda dengan oragnisasi pemuda lainnya penghilngan sekat dalam setiap organisasi akan menimbulkan sebuah keterbukaan. Keterbukaan ini lah yang akan membuat kekuatan tersendiri dan itu berdampak pada setiap organisasi bisa dirasakan manfaatnya bagi setiap organisasi jadi selain di sini tempat pemersatu disinilah tempat untuk kita mencurahkan apa masalah yang di miliki dan bisa mendapatkan solusi yang terbaik karena mungkin organisasi yang pernahmemiliki polemic atau masalah tersebut maka organisasi itu dapat mengambil sebuah jalan yang terbaik dari berbagai saran organisasi lainnya.

Aliansi ini mencakup semua bidang garapan gak hanya sebuah organisasi saja karena disini juga merangkul para komunitas pelan pelan tapi pasti aliansi ini berkembang dan memiliki banyak masa karena apa? Karena emang disini kita bisa mengerti satu sama lain menghargai satu sama lain bahkan jika banyangkan saja sebuah aliansi dapat mepertemukan antara sebuah komunitas dengan komunitas lain di situ juga kita mendapat banyak ilmu bahkan pengalam dan ingat pengalaman adalah guru terbaik dengan kita bertukar pengalam maka kita mendapat ibrah atau pelajaran yang sangata berharga ke kuatan itu tumbuh karena memiliki banyak sekali pelajaran yang di terima supa tidak ada lagi sebuah adu argument antara satu pihak dengan pihak lain.

Aliansi ini memiliki banyak sekali angeda besar dan agenda agenda tersebut adalah agenda bersama dari setiap organisasi kepemudaan dan memang agenda tersebut merupakan masalah bersama serta kegelisahan bersama agenda agenda tersebut memiliki ciri khas yang bisa di sebut sebagai agenda yang monumental karena agenda itu sendiri memiliki arti dan makna tersendiri. Agenda itu di antaranya itu adalah hari peduli moral lalu apsih hari peduli moral itu ? hari peduli moral adalah dimana itu terjadi pada tanggal 14 Februari atau biasa di sebut hari valentine lalu seperti yang saya sampaikan di atas bahwa setiap agenda memiliki arti dan makna tersendiri maksud dari hari peduli moral adalah mengganti persepsi masyarakat terutama daerah kota Yogyakarta itu berubah dan berbenah jika telah melakukannya di situlah peran para organisasi kepemudaan karena system dari hari peduli moral adalah melakukan aksi damai di sejumlah jalan protokol  di Kota Yogyakarta dan itu di selenggarakan oleh semua organisasi kepemudaan yang ada di Kota Yogyakarta di situ kita bisa melihat ketika kolaborasi antar organisasi itu dapat terjalin maka akan terjadi kekuatan yang besar dan itu sangat bermanfat karen pada dasarnya ketika kita mengkiuti budaya tersebut maka itu merupakan pelanggaran norma dan itu di sepakati oleh seluruh seluruh organisasi yang bergabung di aliansi pelajar istimewa bisa di bayangkan untuk mengubah sebuah kebiasaan itu tidak mudah namun akan menjadi lebih ringan ketika kita bersama kita berkolaborasi. Acara ini inni juga kita tidak hanya melakukan aksi damai namun kita juga memberikan sebuah edukasi yang dengan melakukan penyebaran panflet dan memberi peringatan secara langsung terhadap pelaku yang merayakan hari valentine itulah jika hal yang seperti ini di lakukan oleh sebuah OKP saja maka itu berat sekali tantangannya. Di situ kita bisa lihat sebuah kolaborasi yang meghasilkan kekuatan yang besar untuk memajukan peradaban bangsa.

Tidak hanya itu agenda yang di jalankan masih ada agenda yang mengedukasi lainnya yaitu refleksi serangan umum 1 Maret pemuda sekarang sudah banyak yang melupakan sejarah padahal pesan presiden pertama Indonesia yaitu ir soekarno itu jelas “jas merah” jangan melupakan sejarah tetapi perkembangan teknologi banyak sekali memebawa pengaruh buruh sehingga membuat daya baca pemuda zaman sekarang itu menurun Najwa Sihab selaku duta baca di negara republik Indonesia ini pernah menyatan bahwa minat baca bangsa ini sangatlah rendah dimana survey internasional mengtakan bahwa Indonesia berada dalam rengking 62 dari 63 negara yang memiliki mina baca yang rendah sungguh miris bukan ketika kita mendengar data atau fakta yang terjadi pada saat ini. Oleh karena itu kita sebagai pemuda yang sadar akan pentingnya sejarah maka kita melakukan refleksi serangan umum 1 Maret dan itu biasanya di laksanakan di tempat dimana terjadinya serangan umum 1 Maret terjadi dan itu juga sama bisanya hal yang dilakukan adalah menyebarkan brosur dan melakukan pentas seni membuka perpustakaan jalanan guna mendongkrak daya baca bangsa Indonesia terutama pada daerah sekitar monumen serangan umum 1 Maret dan itu juga merupakan salah satu keresahan bersama ketika kita melihat para pemuda yang seharusnya menjadi cermin bangsa malah melupakan bagaimana perjuangan para prajurit yang telah berkorban nyawa waktu dan keluarganya untuk memerdekakan Indonesia dan begitu saja di lupakan oleh para pemuda sekarang dari permasalahn itu maka timbullah sebuah rencana ini dan semuan ini sekali di lakukan secara bersama dan memang bedan yang seharunya itu di pikul sendiri amat sangatlah berat menjadi lebih ringan. Kita menyediakan juga minum untuk mengundang daya tarik pemuda agar mau membaca dan di iringi lagu sehingga ini menjadi para pemudan dan generasi melenila itu kembali mau membaca buku dan harpanya adalah ketika mereka sudah mulai mebaca itu akan membuka dopamine mereka bahwa membaca itu suatu yang menyenangkan dan memang menyasikkan lalu dari situlah harapan bangsa ada dan terlahir kembali. Dan lagi lagi sebuah kolaborasi hebat akan menjadi kan kakuatan yang kuat dan mampu mendorong sesuatu yang awalnya sulit menjadi mudah.

Tidak hanya agenda agenda besar yang ada di atas atau juga bisa kami sebut sebagai agenda monumental dan aliansi pelajar istimewa ini memiliki sebuah agenda yang berkelanjutan.yaitu pentas seni guna membuka wawasan dalam bidang kesenia di sini jika ada yang ingin menyumbankan sebuah lagu maka mereka bisa langsung bernyanyi dan karena kita ini berangkat dari orang orang yang memang merindukan sekali adanya sebuah kolaborasi yang solid dari semua organisasi kepemudaan yang ada maka kita membentuk itu semua demi meperindah bangsan dengan persatuan. Acara pentas seni yang di lakukan ini juga seperti biasa itu di gunakan untuk mengedukasi jadi sambi kita mendengarkan lantunan music kita juga membuka perpustakaan jalanan hal hal yang sepele sperti ini lah yang sering kita lupakan bahwa persatuan itu memang lebih dari segalanya.

Bisa kita lihat dari pembahsan diatas terlihat bahwa kekuatan besar itu ada bersama dengan sebuah persatuan dan persaudaraan banyak sekali logika yang sering kita dengar dengan seksama namun kita tak jarang membiarkannya berlalu begitu saja persatuan merupakan keindahan sebuah keindahan takkan terjadi ketika tidak adanya persatuan conto diata sudah membuktikan bahwa untuk mempersatukan itu memang tidak muda namum ketika ada perjuangan dan keinginan maka sejujurya kemudahan itu pasti ada karena ketika kita di lahirkan di bumi ini pun kita sudah memiliki sebuah permasalahan namu kita berjuang untuk mendapat kemudahan.kembali pada topik tentang “The Power of Collaboration” kolaborasi itu sebuah keindahan dan memiliki estekika tersendiri bagi para penikmatnya sesungguhanya ketika sebuah kolaborasi semua apapun yang akan di lewati itu akan lebih mudah untuk di gapapai sebuah flim yang menampilkan kolaborasi yang hebat yaitu film “ANTZ” yang di mana salah satu scene itu mencerutakan sebuah keluarga semut itu mencari sebuah makan untuk stok makanan di rumah mereka dima di situ kita melihat banyak sekali tantangan yang selih berganti menggangu mereka namum karena kesolidan kolaborasi meraka, meraka mampu menaklukkan semua itu dan melewatinya secara bersama sama itu adalah sebuah analogi yang cukup jelas bagaimana ketika sebuah kolaborasi itu solid dan mereka akan menimbulkan sebuah kekutan yang sangat besar bahakan bisa di gunakan untuk mengubah sebuah kebiasaan buruk.

Sebagai penutup kolaborasi yang solid itu indah untuk mendapatkan sebuah keindahan itu butuh persabungan yang cukup melelahkan tetapi sebuah kolaborasi yang indah membuat semuat lelah menjadi lillah.

Penulis : Ali Nursamsi Dahlan (Ketua Umum PD IPM Gunungkidul 2019–2021)

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: