PDPM II Kulonprogo, Tingkatkan Ghirah Dakwah di Kalangan Pelajar

Foto bersama usai kegiatan pelatihan.

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Kulonprogo telah usai menyelenggarakan Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah (PDPM) II yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Panjatan, pada 2-4 Maret 2018.

PDPM II ini merupakan salahsatu program kerja bidang Kajian Dakwah Islam  untuk menumbuhkan semangat dakwah di kalangan pelajar Muhammadiyah, sehingga eksistensi dakwah dapat terwujud dengan mengamalkan nilai-nilai keislaman di lingkup pelajar Muhammadiyah Kulonprogo dari ranting maupun cabang. Seperti yang dituturkan Ketua Panitia, M. Arif Rahman dalam pembukaan PDPM II “ Dengan adanya pelatihan ini diharapkan ipmawan dan ipmawati dapat menumbuhkan dakwah di masing-masing tingkatan pimpinan, baik cabang maupun ranting”. “Revitalisasi Ghirah Dakwah Wujudkan Da’i Muda Muhammadiyah Kulonprogo” harapannya tema tersebut juga dapat terwujud setelah selesainya  acara.

Kegiatan PDPM II dibuka secara resmi oleh ketua PDM Kabupaten Kulonprogo, Ustadz Syaifuddin,S.Sy,S.Th.I. Dalam sambutannya beliau mendukung penuh rangkaian kegiatan PDPM II IPM Kulonprogo. Turut hadir pula Ketua Umum PW IPM DIY, Nurcahyo Yudi Hermawan, S.S. yang menyampaikan harapannya agar pelaksanaan PDPM II mampu membangun dakwah kreatif untuk kalangan pelajar.

Ketua Umum PD IPM Kulonprogo, Nanang Wahyudi, sekaligus Master of Training PDPM II menyampaikan harapan kedepannya pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kader IPM terlebih jika mereka mampu mentransformasikan ilmu yang diperoleh kepada teman-teman yang lain. Sehingga dapat menjadi ujung tombak , tombok , dan tembak. Selain itu juga disampaikan rencana pelaksanaan tabligh akbar pada Bulan Ramadlan mendatang sekaligus mohon bantuan dan dukungan dari semua pihak, terlebih dari alumni PDPM II ini. Dalam acara pembukaan tersebut turut hadir pula perwakilan dari PCM Panjatan dan perwakilan dari ortom Muhammadiyah tingkat daerah.

PDPM II ini diikuti oleh 22 peserta perwakilan dari pimpinan ranting dan pimpinan cabang IPM se-kulonprogo. Dalam kegiatan PDPM II peserta dilatih untuk berani berdakwah langsung di masyarakat, yaitu dengan menyampaikan kultum setiap bakda sholat di masjid sekitar SMP Muhammadiyah Panjatan yaitu masjid As-Syukur, masjid Al-Azhar dan Masjid Nurul Amin. Tak ketinggalan, budaya literasi juga turut ditanamkan dalam kegiatan PDPM II. Buku-buku koleksi Pustaka Surya Pena milik PD IPM Kulonprogo ditata rapi di sudut depan ruangan, sehingga peserta dapat membaca buku-buku tersebut di waktu luang.

Semoga dengan terlaksananya PDPM II Kulonprogo dapat terwujud aktor-aktor dakwah yang mampu menumbuhkan nilai-nilai keislaman serta  bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

(mar/ltf)

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: