Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo Gelar Aksi Deklarasi Lulus Damai

Pengumuman kelulusan SMA/SMK/MA se-Kulonprogo serentak dilaksanakan pada Kamis, 3 Mei 2018. Sebagai organisasi yang bergerak di ranah pelajar, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo (PD IPM Kulonprogo) menggelar sebuah aksi kelulusan yakni ‘Deklarasi Lulus Damai’.  Agenda aksi ini dibuat sebagai bentuk pencegahan terhadap tindakan atau aksi yang mengarah ke hal negatif yang dilakukan oleh para pelajar di hari kelulusan. Aksi Deklarasi Lulus Damai ini dilaksanakan di lima sekolah Muhammadiyah di Kulonprogo yakni SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMK Muhammadiyah 2 Wates, SMK Muhammadiyah 3 Wates, SMK Muhammadiyah 1 Temon dan SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Bentuk aksi ini yaitu pembacaan Deklarasi Lulus Damai yang kemudian diikuti dengan penandatanganan deklarasi oleh oleh seluruh pelajar Kelas XII. Deklarasi Lulus Damai tersebut berisi pernyataan sikap dan komitmen seluruh Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo Kelas XII untuk menjaga ketertiban di hari kelulusan dengan tidak melakukan aksi konvoi, vandalisme, tawuran dan aksi kriminal lainnya.  
Selain pembacaan dan penandatangan deklarasi, dilaksanakan pula aksi solidaritas seperti yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMK Muhammadiyah 3 Wates dan SMK Muhammadiyah 1 Lendah dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako ke para warga di lingkungan sekitar sekolah serta pengumpulan buku dan baju layak pakai untuk disumbangkan ke pihak yang membutuhkan.
 “Kegiatan ini bertujuan untuk mengalihkan aksi coret-coret baju, tembok, konvoi dan tindakan anarkis lainnya. Semua sekolah yang kami instruksikan untuk melaksanakan aksi Deklarasi Lulus Damai sangat menerima kegiatan ini karena mereka berharap kelulusan tahun ini dapat berlangsung dengan damai tanpa kericuhan”, ungkap Nanang Wahyudi selaku Ketua PD IPM Kulonprogo.
PD IPM Kulonprogo juga mengadakan aksi bagi-bagi stiker yang bertuliskan pesan ajakan untuk menyikapi kelulusan dengan cara yang positif. Melalui Deklarasi Lulus Damai ini, diharapkan pelajar dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif dan menjadi agen pelopor pelajar guyub yang cerdas dalam menyikapi kelulusan. Selain itu, diharapkan pula, kegiatan ini dapat membangun dan menumbuhkan kepedulian pelajar terhadap lingkungan sekitar. 
Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai
Pembacaan Deklarasi Lulus Damai
Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai oleh Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Wates
Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai oleh Pelajar SMK Muhammadiyah 2 Wates
Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai oleh Pelajar SMK Muhammadiyah 3 Wates
 Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai oleh Pelajar SMK Muhammadiyah 1Temon
Penandatanganan Deklarasi Lulus Damai oleh Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Lendah
 Stiker ajakan untuk #LulusDamai yang dibagikan kepada Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo di hari kelulusan
Selamat atas kelulusan kelas XII Pelajar Muhammadiyah Kulonprogo. Terimakasih telah menepati janji untuk menjaga ketenangan dan ketertiban di hari kelulusan. Pelajar Muhammadiyah Jaya! IPM Jaya!

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: