Sering Anemia?

Assalamu’alaikum Shobat Ipmawati.

Pernah gak sih kalian merasakan pusing, muter-muter atau bahkan sampai pandangan menjadi berkunang-kunang? Nah, ini bisa juga merupakan tanda-tanda teman-teman mengalami gejala anemia. Simak baik-baik yuk apa Anemia itu.

Apa itu anemia?

Kalau menurut badan kesehatan dunia (WHO), anemia itu kondisi tubuh yang mana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Hb merupakan salah satu komponen yang ada pada sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Penyebabnya ada banyak nih, misal karena kekurangan zat besi (Fe), kekurangan asam folat, kekurangan vitamin B12, kekurangan asupan protein, perdarahan, ataupun karena kelainan genetik (misalnya thalasemia)

Jadi kalau tubuh kekurangan Hb, berarti pembawa oksigen ke seluruh tubuh kurang, maka tubuh akan kekurangan oksigen. Nah, munucullah gejala yang sering disebut dengan 5L : lesu, letih, lemah, lelah, dan lalai. Selain itu juga disertai sakit kepala, berkunang-kunang, mudah mengantuk, cepat lelah, sulit berkonsentrasi. Kalau secara fisik bisa dilihat dari kelopak mata bagian dalam yang telihat pucat.

Naah, makanya penting banget nih buat kita remaja putri apalagi sebagai pelajar/mahasiswa untuk terhindar dari anemia. Supaya bisa tetap sehat, semangat, konsentrasi belajarnya tidak terganggu dan tidak mudah capek. Tentu bakal bahagia kan ya kalau bisa berprestasi dan aktif di organisasi?

Oleh : Latifah Alifiana, PW IPM DIY Bidang Organisasi

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: