Tips Puasa Sehat

Hey, kamu yang lagi puasa!

Seringkali kita mengabaikan apa yang kita konsumsi selama puasa. Salah satu akibatnya yaitu dapat terkena gangguan pencernaan. Lalu, apa solusinya?

  • Konsumsi sayur dan buah-buahan lebih banyak

Selama puasa, lambung akan kosong selama  lebih dari 12 jam sehingga dibutuhkan makanan yang baik untuk sahur. Saat sahur disarankan untuk memperbanyak makan sayur dan buah-buahan, karena sayur dan buah banyak mengandung serat yang akan tahan lebih lama di pencernaan sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

Selain itu apabila  makan terlalu kenyang, maka perut akan bekerja lebih keras dalam mencerna makanan. Akibatnya aliran darah akan lebih terkonsentrasi ke usus sehingga aliran darah ke otak akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan mengantuk.

  • Konsumsi air minum minimal 8 gelas dalam sehari

Pada saat puasa maka tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Padahal, kebutuhan cairan dalam tubuh minimal 8 gelas sehari. Untuk mengatasi dehidrasi pada saat puasa dapat dilakukan dengan minimal minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas dari buka puasa hingga menjelang malam, dan 2 gelas sebelum tidur.

  • Tetap beraktivitas

Pada saat puasa, tubuh akan menggunakan gula yang disimpan di dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Akibatnya gula darah dalam tubuh akan turun dan memicu terjadinya hipoglikemia atau gula darah yang rendah. Sebenarnya pada saat puasa badan akan terasa segar dan lebih siaga dalam melakukan berbagai aktivitas.

  • Olahraga ringan-sedang

Pada saat puasa, boleh melakukan olahraga namun disarankan olahraga yang ringan hingga sedang. Waktu yang baik untuk olahraga sebaiknya 1 jam hingga 30 menit sebelum berbuka puasa. Kenapa? Karena setelah olahraga, tubuh kehilangan cairan dan cairan yang hilang tersebut harus dipenuhi kembali dalam waktu 1-2 jam sehingga tidak sampai dehidrasi.

  • Berbuka puasa dengan air putih tidak dingin

Pada saat berbuka puasa, lambung yang lama kosong sebaiknya diisi makanan secara bertahap dan disarankan minum air putih yang tidak dingin sebanyak 2 gelas. Kenapa? Karena tubuh memerlukan waktu ekstra untuk menyerap air yang suhunya lebih dingin dibanding suhu tubuh. Air yang dingin juga merangsang produksi asam lambung yang lebih banyak dan mengakibatkan perut kembung atau begah.

  • Makan makanan yang mengandung gula alami

Setelah minum air putih, dilanjutkan dengan makan makanan yang mengandung gula alami seperti kurma. Kurma memiliki kadar gula yang tinggi dan alami yang akan membantu mengembalikan energi yang hilang dan mudah diserap tubuh. Selain itu, bisa juga dengan air kelapa karena air kelapa mengandung elektrolit yang bisa menggantikan kehilangan cairan tubuh.

  • Hindari makanan berlemak dan gorengan yang berlebihan, serta makanan asam dan pedas

Makanan berlemak dan gorengan akan lebih sulit diserap oleh tubuh. Lemak dan gorengan ini akan memperberat kerja organ pencernaan. Pada saat perut kosong seharian, asam lambung yang sudah meningkat dapat semakin meningkat karena dirangsang oleh makanan pedas. Akibatnya perut terasa kembung, begah, perih, mual, bahkan muntah.

  • Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda dapat mengiritasi lambung dan gas karbonnya bisa membuat lambung terasa tidak nyaman.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat

Oleh : Tri Ayu Kharisma, bendahara PD IPM Kulon Progo (Mahasiswi Fakultas Kedokteran)

Sumber : dr. Clarin Hayes (https://www.youtube.com/watch?v=Tcvo50ZY4T0)

Tinggalkan Balasan

×
%d blogger menyukai ini: